Jenis Lensa Kamera beserta Fungsinya dan Kegunaannya

Jenis Lensa Kamera beserta Fungsinya dan Kegunaannya - Mengetahui jenis lensa merupakan senjata utama bagi anda yang hobi berfoto ataupun bagi anda yang memang seorang fotografer profesional. Secara umum fungsi utama lensa kamera adalah memfokuskan pantulan cahaya dari suatu objek tertentu sehingga dapat ditangkap oleh sensor film pada kamera tersebut.

Jenis Lensa Kamera beserta Fungsinya dan Kegunaannya

Apalagi bagi Anda yang baru memulai di dunia fotografi, memilih Lensa Kamera yang tepat dan sesuai kebutuhan menjadi hal utama yang harus Anda pertimbangkan dengan matang. Salah dalam memilih lensa, artinya Anda akan dihadapkan pada rasa penyesalan, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa alat optik atau alat penunjang performa dan hasil foto, diketahui membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, Skyshooter Production kali ini ingin berbagi sedikit pengalaman dan pengetahuan tentang jenis lensa kamera beserta fungsinya. Meski sudah banyak tulisan yang membahas hal yang sama, tak ada salahnya jika kita juga punya versi sendiri.

Yuk simak ulasan berikut mengenai jenis-jenis lensa lensa kamera beserta fungsinya, sebelumnya kita akan mengkategorikan lensa ini menjadi 3 jenis bagian:

  •  Jenis Lensa Berdasarkan Panjang Foku

  •  Jenis Lensa Berdasarkan Fungsi Zoom

  •  Jenis Lensa Berdasarkan Tujuan Khusus

Lensa jenis ini pada kategori ini umumnya digunakan oleh fotografer profesional, karena fungsi dan penggunaannya membutuhkan keahlian yang lebih. Beberapa dari mereka adalah:

Lensa Sudut Lebar

Jenis lensa Bagi Anda yang menyukai foto dengan model landscape atau yang memang berprofesi sebagai fotografer landscape, lensa wide angle ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Karena dengan menggunakan lensa jenis ini anda akan mendapatkan berbagai macam objek yang cukup luas, tinggal bagaimana anda mengatur keseimbangan focal length.

Level dan besarnya focal length pada lensa wide ini tergantung dari besar kecilnya sensor pada lensa. Kamera, jika kameranya bersensor full frame, maka lensa 24mm akan menghasilkan gambar yang lebar. Sedangkan jika kamera dengan sensor APS-C, gambar yang dihasilkan akan sebaliknya alias tidak terlalu lebar. Alasannya adalah karena faktor tanaman.

Lensa Telefoto

Jenis lensa Apakah Anda pernah melihat lensa kamera berukuran besar dan panjang yang dipasangkan pada kamera fotografer? Biasanya digunakan oleh fotografer olahraga, sekarang disebut Lensa Telefoto. Lensa telefoto ini sangat penting bagi seorang fotografer profesional untuk mendukung performa pemotretannya, terutama untuk memotret objek jarak jauh, hingga sangat jauh.

Saat mengalami kendala dan keterbatasan tidak bisa mendekati suatu objek, maka fungsi lensa telefoto ini yang utama. Dapat memotret objek dari jarak jauh tanpa harus mendekati objek yang di foto. Fotografer olahraga, alam liar, dan fotografer model, umumnya menggunakan jenis lensa ini. Karena itu memaksanya untuk berada jauh dan dalam posisi yang jauh.

Apa Saja Jenis Jenis dari Lensa Kamera?

Jenis Lensa Berdasarkan Fungsi Zoom

Lensa jenis ini sangat cocok untuk pemula. Karena penggunaannya relatif mudah, namun kualitas foto yang dihasilkan terbilang baik. Beberapa dari mereka:

Lensa prime / Fix lens Perlu anda ketahui bahwa jenis lensa prime ini tidak seperti lensa yang telah dijelaskan sebelumnya, yang tidak bisa di zoom in. Jadi untuk penggunaan anda tidak bisa diam di tempat alias harus mendekatkan diri dengan objek yang akan dituju. untuk mengambil gambar. Namun demikian, kualitas gambar yang dihasilkan dari lensa ini terbilang lebih baik, terutama dari segi ketajamannya.

Selain itu, lensa prime ini sangat berguna saat mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya, karena memiliki level aperture yang relatif lebar. Karenanya lensa ini sering digunakan untuk para fotografer bokeh.

Kekurangan dari lensa ini bisa dikatakan salah satu lensanya kurang praktis dan memiliki fungsionalitas yang minim, karena hanya mempunyai 1 focal length.

Lensa Zoom Tidak seperti lensa prima, lensa zoom ini memiliki fungsi yang lebih beragam. Karena jarak fokusnya tidak tetap, atau Anda bisa menyesuaikannya sesuai keinginan. Berbeda dengan lensa prime, lensa zoom ini bisa dikatakan sebagai lensa praktis. Sebab, hanya dengan 1 lensa ini, Anda sudah bisa menentukan kisaran focal length yang bisa Anda sesuaikan.

Namun kekurangannya adalah, lensa zoom jenis ini tidak memiliki diafragma selebar lensa fix. Selain itu, gambar yang dihasilkan lensa zoom ini juga cenderung lebih lembut.

Oleh karena itu, biasanya lensa jenis ini memuat keterangan tentang kisaran focal length. Seperti, lensa 18-55mm, f / 3.5-5.6. Artinya, lensa memiliki rentang tantangan dari 18 mm hingga 55 mm dengan apertur maksimum 3,5 pada panjang fokus 18 mm dan 5,6 pada panjang fokus 55 mm. Demikian artikel tentang Jenis Lensa Kamera beserta Fungsinya dan Kegunaannya semoga bermanfaat.