4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Online


Kehadiran pinjaman online merupakan suatu hal yang berpengaruh terhadap industri keuangan. Hal ini dimotori oleh fintech atau financial technology, peminjaman online menawarkan kredit bagi mereka yang selama ini mengalami kesulitan melakukan peminjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

Apalagi bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman untuk memulai usaha, tentu Anda mengharapkan pinjaman bunga rendah. Maka, pinjaman online bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Berikut ini beberapa tips untuk diperhatikan dalam mengajukan pinjaman secara online.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Online

1.     Transparansi Biaya
Karena sifatnya yang online dan tanpa adanya suatu proses tatap muka langsung, maka kejelasan informasi dan transparansi biaya sangat penting untuk diketahui.
Pada platform website perusahaan bisanya akan disampaikan informasi terkait biaya, bunga pinjaman, angka waktu, dan lain sebagainya. Hal ini memiliki tujuan agar para calon peminjam sepenuhnya bisa memahami pinjaman yang ditawarkan oleh perusahaan.
2.     Kemudahan Persyaratan
Daya tarik dari peminjaman online yaitu kemudahan syarat yang ditawarkan, salah satu kesulitan yang dialami oleh calon peminjam apabila mengajukan peminjaman ke kredit konvensional yaitu kelengkapan dokumen.
Beberapa jasa peminjaman online hanya memberikan persyaratan dokumen berupa KTP dan foto. Akan tetapi, ada pula perusahaan peminjaman online yang memberikan persyaratan dokumen cukup banyak, meliputi KK, rekening listrik, dan dokumen lainnya.
3.     Kecepatan Pencairan
Kecepatan pencairan merupakan salah satu keunggulan yang ditonjolkan oleh perusahaan peminjaman online. Perusahaan peminjaman online bisa dibilang proses pencairannya lebih cepat dibandingkan dengan bank. Namun kecepatan pencairan dari setiap perusahaan peminjaman online berbeda-beda.
Terdapat beberapa jasa peminjaman online yang menjanjikan kecepatan pencairan 1 minggu, tetapi ada pula yang sanggup mencairkan pinjaman kurang dari 1 hari.
4.     Fleksibilitas Pengajuan
Lembaga perbankan memiliki keterbatasan dalam produk pinjaman tanpa agunan online. Contohnya saja, bank memberikan jumlah minimum peminjaman yang cukup besar, rata-rata di atas Rp. 5 juta. Lama waktu cicilan yaitu berkisar 6 bulan, dan apabila peminjam ingin mempercepat waktu pelunasan maka akan dikenakan denda.
Berikut ini beberapa fleksibilitas yang ditawarkan oleh perusahaan peminjaman online.
1)     Jumlah pinjaman bisa di bawah Rp. 5 juta. Bahkan terdapat perusahaan yang memberikan kredit mula dari Rp. 1 juta.
2)     Masa pinjaman terdapat sistem harian, sehingga tidak perlu dicicil.
3)     Tidak adanya denda apabila proses pelunasan dipercepat.
Fleksibilitas bisa menjadi sebuah pertimbangan yang krusial ketika Anda mencari pinjaman online. Bandingkan antara perusahaan satu dengan yang lainnya dan lihat manakah yang paling fleksibel.
Selain itu, terdapat beberapa fintech yang telah menyediakan aplikasi dan IOS, namun ada pula yang belum. Hal ini bisa Anda jadikan pertimbangan juga karena mengajukan pinjaman melalui aplikasi akan lebih mudah dilakukan dibandingkan melalui website.
Lakukan pengecekan di Playstore, manakah perusahaan peminjaman online yang telah memiliki aplikasi di playstore.
Itu tadi beberapa tips melakukan peminjaman online yang bisa Anda lakukan, semoga bermanfaat.