Beginilah Cara Menggunakan dan Merawat Speaker Aktif Anda!


Penggunaan speaker aktif terbaik yang tepat pada komputer untuk mendengarkan musik dapat menciptakan pekerjaan kamu terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Speaker aktif adalah perangkat keras tambahan pada komputer yang tidak bisa dipisahkan, supaya speaker terbaik yang kamu miliki dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama, maka ada hal-hal yang perlu kamu ketahui dalam pemakaiannya. Berikut ini kami bakal membahas sejumlah tips dalam memakai dan merawat sebuah speaker aktif.

Beginilah Cara Menggunakan dan Merawat Speaker Aktif Anda!

Pertama, urusan yang perlu diperhatikan dalam penataan volume. Saat kamu menggunakan speaker aktif untuk mendengarkan suara dari perlengkapan seperti DVD player pastikan tidak boleh melebihi 75%. Jika kamu menginginkan suara keras usahakan naikkan volume speaker hanya sampai batas maksimal. Jika pemutar suara sampai batas maksimal maka bakal memperpendek umur membran pada speakermu, kualitas output suara jadi menurun dan semakin lama akan menimbulkan suara desis dan suara yang membuat kamu tidak nyaman.

Kedua, kenali bagaimana kemampuan speaker terbaik yang kamu miliki. dalam urusan ini, kamu perlu mengenali kemampuan speaker aktif sampai batas tertentu. Pengaturan secara standar pada pemutar suara sudah lumayan untuk menghasilkan suara yang bagus.

Ketiga, bila kamu menginginkan penyesuaian tingkat desibel tertentu, maka kamu bisa mengaturnya dengan memilih auto tuner atau preset pada pemutar suara kamu yang sudah disediakan contohnya seperti pop, rock, jazz dan lain-lain.


Keempat, bila kamu menginginkan penataan tingkat lanjut maka kamu bisa mengaturnya dari equalizer. Hal ini mudah bagi kamu yang mahir melakukan pengaturan equalizer sampai batas sangat nyaman agar dapat didengarkan.

Agar speaker aktif dapat dipakai dalam jangka waktu lebih lama, maka kamu harus melakukan sejumlah langkah perawatan berikut ini:

1.       Jika speaker kamu tidak akan dipakai dalam waktu yang lama, maka pastikan kabel power telah dicabut dari stop kontak agar menghindari terjadinya hal-hal yang membahayakan.

2.       Pada saat merasa audio dari pemutar musik atau perangkat lunak di komputer usahakan kamu tidak menata volume aplikasi secara maksimal, volume aplikasi tersebut tidak boleh sampai melebihi batas 75%, namun kamu bisa menambah volume speaker aktif sampai batas maksimal.

3.       Kenali kemampuan speaker aktif anda. Jangan memaksakan speaker sebab akan membuat membran pada loudspeaker cepat rusak. Kamu dapat menyesuaikannya sesuai dengan batas yang direkomendasikan.

4.       Tempatkan speaker di lokasi yang tidak lembab dan tidak mudah dicapai oleh anak-anak, dan yang terakhir ialah bersihkan speaker secara rutin agar dapat menghindari korosi pada susunan di unsur dalam speaker aktif.