Sehat Alami dengan Manfaat Jahe

Jahe adalah tanaman herbal yang telah lama dipakai sebgai obat alamiah selagi berabad-abad. kini telah tak sedikit penelitian menemukan kegunaaan dari jahe untuk kesehatan mulai dari migran hingga kanker.

Sehat Alami dengan Manfaat Jahe

Berikut trik kesehatan kegunaaan jahe untuk kesehatan.

1. Kanker Rahim.
Studi yang diperbuat di Universitas Michigan Comprehensive Cancer Center menemukan bahwa bubuk jahe memicu kematian sel kanker rahim.

2. Pencegah Kanker Usus Besar.
Sebuah studi di University of Minnesota menemukan bahwa jahe bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

3. Morning Sick ( rasa mual dipagi hari biasanya diderita bunda hamil ).
Sebuah tinjauan dari berbagai penelitian telah menyimpulkan bahwa jahe sama manjurnya dengan vitamin B6 dalam pengobatan morning sick.

4. Motion Sickness / Mabuk perjalanan.
Jahe telah terbukti menjadi obat yang manjur untuk mual yang berhubungan dengan motion sickness / / Mabuk perjalanan.

5. Mengurangi Nyeri serta Peradangan.
Satu studi menunjukkan bahwa jahe mempunyai sifat anti-inflamasi serta obat penghilang rasa sakit alamiah yang kuat.

6. Obat Sakit maag.
Jahe telah lama dipakai sebagai obat sakit maag alami.

7. Deman serta Flu
Jahe telah lama dipakai sebagai pengobatan alamiah untuk deman serta flu. Tak sedikit orang juga memakai jahe untuk penyakit lambung alias keracunan makanan, yang tak mengejutkan mengingat efek positif jahe mempunyai pada saluran pencernaan.

8. Migrain.
Penelitian menunjukkan bahwa jahe bisa mengobati migrain sebab performanya untuk menghentikan prostaglandin menyebabkan rasa sakit serta peradangan pada pembuluh darah.

9. Kram saat Haid
Dalam pengobatan Cina, teh jahe serta gula merah dipakai dalam pengobatan kram pada saat haid.

10. Pencegah diabetes.
Sebuah studi yang diperbuat pada tikus diabetes menemukan bahwa tikus yang diberbagi jahe mengalami penurunan nefropati diabetik (kerusakan ginjal).

Tanaman Herbal terbukti mempunyai tak sedikit khasiat untuk kesehatan, salah satunya jahe. Mungkin telah saatnya kami kembali ke pengobatan alamiah dengan bahan alami.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal, dan Rumus BMI ( Body Mass Index )

Ingin tahu apakah berat badan kami ideal setinggi badan yang kami miliki? Ada 2 metode yang dipakai. Perhitungan konvensional serta melewati Body Mass Index (index massa tubuh).

Cara Menghitung Berat Badan Ideal, dan Rumus BMI ( Body Mass Index )

1. Perhitungan Berat Ideal Konvensional
     Berikut perhitungan untuk mengenal berat ideal dengan tutorial konvensional
1. Berat Badan Ideal (BBI) untuk bayi (anak 0-12 bulan)
BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

2. BBI untuk anak (1-10 tahun)
BBI = (umur (thn) x 2 ) + 8

3. Remaja serta dewasa
BBI = (TB - 100) - (TB - 100) x 10%
atau
BBI = (TB - 100) x 90%

[Ket:]
TB = Tinggi badan (cm)
Apabila Kamu sudah berakhir menghitungnya, maka yang Kamu peroleh merupakan berat badan ideal yang sewajibnya Kamu miliki. Tapi jangan takut apabila berat badan Kamu tak masuk hitungan ideal sebab hasil hitungan rumus ini merupakan angka relatif, sebab range berat badan normal yang dimiliki setiap orang merupakan plus/minus 10% berat idealnya.

kalo data TB tak diketahui bagaimana? Umpama pada pasien ascites alias eudeme anasarka, kan sulit, gak mungkin pake berat badan aktual (selain juga dapat konversi -30% dari BB aktual) alias pada pasien pasca bedah, ga mungkin kami ukur tingginya. jadi, Konversi dong dari kualitas antropomentri Tinggi lutut alias rentang lengan.

TB berdasarkan Tinggi Lutut (TL)
TB Pria = 6,50 + (1,38 + TL) - (0,08 x U)
TB Wanita = 89,68 + (1,53 x TL) - (0,17 x U)

TB berdasarkan Rentang Lengan (RL)
TB Pria = 118,24 + (0,28 x RL) - 0,07 x U)
TB Wanita = 63,18 + (0,63 x RL) - 0,17 x U)

[ket:]
U = Umur (tahun)

2. Berat Ideal versi Rumus BMI
Ingin menghitung BMI (Body Mass Index) Anda? BMI merupakan sebuahrumus kesehatan, di mana berat badan (BB) seseorang (kg) dibagi setinggi badan (TB) pangkat dua (m2).

BMI = (BB) / [(TB) * (TB)]

Umpama: BB = 45 kg serta TB = 165 cm, maka

BMI = (45) / [(1.65) * (1.65)] = 16.5

Apakah Kamu tergolong kurus, normal, alias overwight? Lihat barometer di bawah ini:

BMI < 18.5 = berat badan tak lebih (underweight)

BMI 18.5 - 24 = normal

BMI 25 - 29 = kelebihan berat badan (overweight)

BMI >30 = obesitas

47 Manfaat Mengkudu Untuk Obat Berkat Kandungannya

Kegunaaan Mengkudu. Mengkudu merupakan salah satu Flora Obat Keluarga (TOGA) yang mudah dibudidayakan di kebun dekat rumah. Buah yang juga diberi julukan Pace ini berasal dari Asia Tenggara; termasuk dalam famili Rubiaceae. Di pegunungan Kamu bisa menanam buah ini dan menikmatinya saat matang, proses tumbuhnya pasti subur sebab buah ini sangat tepat pada dataran tinggi mencapai 1500 m.

47 Manfaat Mengkudu Untuk Obat Berkat Kandungannya

Buah mengkudu yang tetap muda bakal berwarna hijau mengkilap dengan totol-totol menyerupai totolan pada daging nanas. Sementara buah yang telah masak alias tua warna buah menjadi putih dan tidak sedikit bintik hitam pada lapisan terluar.

Secara turun temurun buah noni dijadikan obat tradisional, contohnya di daerah Aceh yang sangat kegemaran menjadikan mengkudu sehingga sayur dan rujak. Para penduduk di Aceh juga suka mekegunaaankan daunnya untuk menu buka puasa. Faktor ini sebanding sebab mengkudu bisa di tanam dekat rumah di pedesaan di Aceh.

Zat Kandungan Mengkudu
Para ahli pengobatan herbal sepakat memilih buah noni sebagai kelompok TOGA, sebab tidak sedikit kandungan nutrisi dalam isi buah yang tidak sedikit mengandung air ini.

Dikutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia tentang tanaman Mengkudu, kiranya ada berbagai kandungan yang menjadikan tanaman ini tepat sebagai obat tradisional.

Zat Nutrisi
Buah mengkudu dikatakan sebagai buah makanan yang kadar nutrisinya sangat tidak sedikit dan lengkap. Berbagai tipe vitamin terkandung dalam dagingnya, tidak ingin ketinggalan, protein dan mineral penting lain juga ikut meramaikan kualitas gizi dari mengkudu.

Salah satu mineral penting bagi tubuh merupakan Selenium, yaitu mineral penting yang berkhasiat sebagai anti-kanker dan mencegah penyakit jantung. Selenium sinergis dengan vitamin E, keduanya bekerja sama dengan ekstra menolong mempertahankan kondisi kesehatan manusia.

Zat Anti Bakteri
Buah ini bersifat sebagai anti-bakteri, yaitu sifat tertentu yang didapati oleh buah-buahan dengan kegunaaan sebagai pembasmi bakteri penyebab infeksi dalam tubuh, contohnya merupakan Pseudomonas aemenyesalnosa, Protens morganii, Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Bacillus subtilis. Semua tipe bakteri penyebab infeksi tersebut apabila dibiarkan dalam tubuh terlalu lama bisa mematikan bakteri pathogen.

Scolopetin
Senyawa ini berkegunaaan untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh, lebih tepatnya untuk menolong penurunan tekanan darah. Tidak hanya itu apabila tubuh mengalami hipotensi, senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu ini juga menolong menaikannya.

Kegunaaan lain scolopetin sebagai unsur anti-bakteri yang juga manjur untuk mengatur hormon serotonin, yaitu hormon yang menolong menurunkan kadar kecemasan (depresi).

Xeronine dan Proxeronine
Kegunaaan dari Xeronine seusai diserap oleh tubuh merupakan mengaktifkan protein-protein yang non-aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang sedang aktif.

Kegunaaan Mengkudu

Zat kimia yang menyatu dalam buah mengkudu pasti memberbagi khasiat dalam bidang kesehatan manusia. Sangat wajar apabila tidak sedikit orang berminat memilih pengobatan tradisional memakai flora ini.

Berikut merupakan berbagai tipe persoalan kesehatan yang sanggup diatasi dengan buah noni alias pace alam.

Melancarkan Sistem Peredaran Darah
Zat scopoletin menolong pelebaran saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Disamping itu zat ini juga menolong proses pengedaran darah ke seluruh jaringan tubuh menjadi lancar. Sifat dari zat ini merupakan membunuh bermacam-macam bakteri dan sebagai anti-alergi.

Membunuh Bakteri Penyebab Infeksi
Zat anti bakteri dalam buah ini berkhasiat untuk membunuh bakteri pembuat infeksi dalam tubuh dan mengontrol bakteri pathogen sekaligus.

Mencegah Kanker
Tersedia unsur anti-kanker yang mana memang dalam mencegah persoalan kanker dan mengembalikan kegunaaan sel-sel yang abnormal.

Mampu Menambah Daya Imun
Zat nutrisi yang terkandung bersifat sebagai antioksidan penting dalam menjaga imunitas tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit ringan ataupun berat.

Mengobati Batuk
Anda bisa meramu mengkudu untuk meringankan batuk berat yang menyiksa. Langkah awal yaitu merebus satu buah mengkudu masak dan 1/2 genggam daun bujanggut dalam 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Air disaring dua kali, tunggu dingin lalu minum obat ini sehari dua kali hingga sembuh.

Mengobati Sakit Kuning
Dilansir dari website kesehatan, mengkudu memang mengobati penyakit kuning.

Siapkan 2 buah mengkudu matang dari pohon dan madu. Seusai itu buah mengkudu diambil dahulu airnya dengan tutorial diperas, kemudian wadah penampung air perasan dicampur dengan madu hingga merata. Saring air campuran bahan ini lalu minum sehari dua kali.

Mengurangi Ketombe Rambut
Rambut berketombe merupakan persoalan nomor 1 yang dikeluhkan oleh tidak sedikit orang, khususnya kaum perempuan. Untuk memberantas ketombe Kamu bisa memilih mengkudu sebagai obat alami.

Caranya siapkan 1 - 2 buah mengkudu masak yang telah dicuci bersih. Kemudian potong sehingga 4 tahap merata, gunakan tiap tahap untuk menggosok kepala dengan cara perlahan. Diamkan sejenak (10 - 15 menit) supaya kandungan menyerap pada akar rambut, seusai itu cuci kepala dengan shampo hingga zat yang menempel terangkat bersih. Pengobatan ini bisa Kamu perbuat seminggu 1 - 2 kali, jangan berlebihan.

Khasiat Mengkudu Sebagai Obat Lainnya:
Perut kembung
Luka pada usus halus
Radang lambung
Muntah-muntah
Keracunan makanan
Batuk
TBC
Radang tenggorokan
Bronchitis
Kolera
Demam pada bayi
Sinusitis
Asma
Menurunkan kolesterol
Penebalan otot jantung
Peningkat transportasi oksigen dalam sel
Luka bakar
Kudis
Bisul
Cacing kulit
Selulit
Kurap
Radang pada kulit
Borok
Gusi berdarah
Sakit gigi
Sariawan
Siklus haid tidak teratur
Sindrom pra-menstruasi
Nyeri saat haid
Mencegah penuaan
Diabetes
Hepatitis kronis
Sakit pinggul
Gangguan ginjal
Sakit kepala
Kencing batu
Hormon tiroid
Penyakit dampak infeksi virus HIV
Ketidak lebihan tenaga
Dan tetap tidak sedikit lagi

Betapa menarik kegunaaan buah mengkudu bagi kesehatan ini. Mulai kini Kamu jangan sungkan untuk menanam bibit mengkudu di dekat rumah, apabila sebuahsaat saudara sakit bisa langsung diobati dengan flora ini.

Kebiasaan Ini Malah Bikin Hubungan Suami Istri Jadi Renggang, loh!

Kok bisa sih hubungan suami istri jadi renggang padahal mereka bertemu setiap hari? Pertanyaan ini mungkin muncul di benak Anda yang belum menikah. Tingginya intensitas pertemuan sama sekali tak menjamin hubungan akan bisa terus intim. Pernikahan yang telah lama dibina bisa berujung pada perpisahan, jika sekiranya 5 kebiasaan buruk berikut ini tak segera ditinggalkan.

Kebiasaan Ini Malah Bikin Hubungan Suami Istri Jadi Renggang, loh!

1. Mendiamkan Saja Masalah yang Muncul dalam Rumah Tangga

Diam bukanlah solusi terbaik saat Anda dan pasangan memiliki pendapat berbeda. Masalah dalam rumah tangga harus segera diselesaikan, bukan hanya didiamkan saja. Masalah yang didiamkan lama kelamaan akan menumpuk dan saat waktunya tiba akan meletus bak gunung api. Komunikasikan dengan baik tiap pendapat agar bisa didapatkan penyelesaian atas masalah tersebut.

2. Kurang Mengapresiasi Hal Baik yang Dilakukan Pasangan

Apresiasi merupakan salah satu kunci utama untuk menjaga kelanggengan rumah tangga. Namun, banyak pasangan, terutama yang telah lama berumah tangga, melupakan hal penting ini. Misalnya saja, ada suami yang menyepelekan pekerjaan istrinya yang hanya mengurus rumah tangga saja. Ada pula istri yang menyepelekan suaminya, hanya karena pendapatannya yang didapatnya kecil.

3. Menganggap Pendapat Salah Satu Pihak yang Paling Penting

Dalam pernikahan setiap pendapat sama pentingnya, baik itu dari suami ataupun istri. Jadi, tak ada namanya pendapat yang tak penting, sehingga tak perlu dipertimbangkan. Masalahnya, ada orang yang kerap kali menyepelekan pendapat yang diberikan oleh suami atau istrinya. Jika terus begini, salah satu pihak akan merasa tak dihargai dan memilih untuk mengakhiri hubungan yang ada. 

4. Membiarkan Intensitas Kontak Fisik Berkurang Drastis

Kontak fisik antara suami dan istri merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga keutuhan pernikahan. Bahkan jika umur pernikahan tersebut telah tergolong lama. Kontak fisik yang dimaksud di sini bukan hanya sekadar hubungan intim saja. Anda bisa memeluk, menggenggam tangan pasangan, mencium, atau membelai pipinya untuk menunjukkan rasa cinta yang dimiliki.

5. Membiarkan Opini Orang Lain Mencampuri Urusan Rumah Tangga

Jangan biarkan rumah tangga yang Anda bina dengan pasangan jadi hancur berantakan, hanya karena mendengarkan opini dari orang lain. Jika ada masalah dengan pasangan, selesaikan dulu dengan baik-baik dan dalam kondisi kepala yang dingin. Jangan langsung meminta pendapat dari teman atau bahkan keluarga sendiri, yang belum sepenuhnya akan menyelesaikan masalah rumah tangga.

Banyak hal yang bisa menimbulkan kerenggangan dalam hubungan suami istri, di antaranya adalah 5 hal di atas. Jika ingin hubungan Anda dengan pasangan tetap terjalin erat, mulai dari sekarang hindari kebiasaan yang dipaparkan di atas. Jalin komunikasi yang baik dengan pasangan dan jangan lupa intensitas kontak fisik jangan sampai berkurang walau umur pernikahan telah lama.